PENGARUH SELF CONFIDENCE DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP LEARNING LOSS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SARANG


MUHSIN, 0106518023 (2023) PENGARUH SELF CONFIDENCE DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP LEARNING LOSS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Adanya kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran akan mengakibatkan munculnya learning loss. Learning loss merupakan adanya ketidakmaksimalnya proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Tidak maksimalnya proses pembelajaran, akan berakibat pada hasil informasi yang didapatkan siswa dan hasil belajar siswa yang juga tidak maksimal. Hal yang dapat memengaruhi kondisi tersebut adalah self confidence dan dukungan sosial. Self confidence merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala sesuatu yang menjadi aspek kelebihan yang dimiliki dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dukungan sosial adalah kehadiran orang lain yang dapat membuat individu percaya bahwa dirinya dicintai, diperhatikan dan merupakan bagian dari kelompok sosial, yaitu keluarga, rekan kerja dan teman dekat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expost facto. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan korelasional (correlational research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sejumlah 241 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sample, sehingga diperoleh sampel berjumlah 151 siswa. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada nilai signifikan (sig) dihasilkan 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 berarti self confidence berpengaruh signifikan terhadap learning losssiswa. Selain itu nilai signifikansi (sig) dihasilkan 0,027 yang artinya 0,027 < 0,05 berarti dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap learning loss siswa siswa. Selanjutnya diuji secara bersama-sama menghasilkan nilai signifikan (sig) 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 berarti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara self confidence dan dukungan sosial terhadap learning loss siswa siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa self confidence berpengaruh signifikan terhadap learning loss siswa, dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap learning loss siswa, serta self confidence dan dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap learning loss siswa. Saran untuk guru BK agar mempergunakan temuan dalam penelitian ini untuk melihat kondisi self confidence, dukungan sosial dan learning loss siswa sehingga dapat memberikan layanan BK dengan tepat. Selain hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self confidence, dukungan sosial, learning loss.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:33
Last Modified: 20 Mar 2024 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62129

Actions (login required)

View Item View Item