EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK BERBASIS NILAI-NILAI SPIRITUAL ISLAM UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK


MIFTAKHUL IKHSAN FAUZI, 0106518015 (2023) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK BERBASIS NILAI-NILAI SPIRITUAL ISLAM UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Disiplin merupakan bentuk mentaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan tanpa pamrih, disamping mengandung arti taat dan patuh pada peraturan. Disiplin siswa di sekolah perlu meningkatkan perhatian pasca covid 19, karena selama pandemi mereka terbiasa pembelajaran daring, sehingga ranah pembiasaan perilaku suasana di sekolah membutuhkan kegiatan bimbingan kelompok, diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah. Pembentukan disiplin ini tentu dapat dilakukan jika seluruh komponen stake holders pendidikan dapat berpartisipasi dan berperan serta, termasuk orang tua dari peserta didik itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik berbasis nilai-nilai spiritual Islam untuk meningkatkan disiplin siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tegal. Sampel yang digunakan yaitu 20 siswa, dimana 10 kelompok terlibat dalam eksperimen dan 10 siswa menggunakan kelas kontrol yang menggunakan pretest-posttes desain. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan meggunakan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini membuktikan adanya peningkatkan disiplin siswa setelah diberikan bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik berbasis nilai-nilai spiritual Islam. Selaras dengan temuan ini maka disarankan bagi konselor untuk mengimplementasikan bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik berbasis nilai-nilai spiritual Islam dalam meningkatkan disiplin siswa. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik berbasis nilai-nilai spiritual Islam dapat meningkatkan disiplin siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Tegal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Eksistensial Humanistik, Spiritual Islam, Disiplin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:29
Last Modified: 20 Mar 2024 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62128

Actions (login required)

View Item View Item