MODEL INVENTORI KEPRIBADIAN SISWA SMA BERBASIS BUDAYA BANJAR DAN AKIDAH ISLAM UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Ansyari Adytia Putra, 0106518001 (2023) MODEL INVENTORI KEPRIBADIAN SISWA SMA BERBASIS BUDAYA BANJAR DAN AKIDAH ISLAM UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari peneltian ini menghasilkan pernyataan inventori kepribadian bagi siswa SMA yang valid dan reliable sehingga dapat digunakan guru BK dalam penyususnan program layanan. Meotde penelitian yang digunakan Research and Development pengembangan model Borg and Gall dengan melibatkan 175 dari 1.231 siswa yang dipilih secara proposive yang berasal dari 4 sekolah negeri di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan rentang usia 15-19 tahun. Analisis validitas dan reabilitas menggunakan Product Moment Pearson dan Cronbach Alpha. Nilai r�tabel 0,1476 dengan taraf signifikansi 0,005. Kirteria pengambilan kesimpulan r hitung >0,1476 valid dan r hitung< 0.1476 tidak valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,882 untuk budaya Banjarm 0,892 untuk akidah Islam dan0,889 untuk syariat Islam. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 92 item pernyataan valid serta memiliki tingkat reabilitas yang tinggi, berdistribusi normal yang terdiri dari 44 item favorable dan 48 item unfavorable. Produk inventori kepribadian berbasis budaya Banjar dan akidah Islam dapat setelah dilakukan uji validitas dan reliabiitas dapat diimplementasikan untuk layanan bimbingan dan konseling SMA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inventori, kepribadian, banjar, akidah islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 03:21 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 03:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62126 |
Actions (login required)
View Item |