PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK GURU SEKOLAH DASAR


Dewi Ayu Sulistyaningrum, 0104519009 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK GURU SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hasil analisis kebutuhan guru menunjukkan belum memahami konsep pembelajaran daring dengan baik dan kurangnya pengetahuan guru dalam memilih platform pembelajaran yang tepat bagi siswa di masa pandemi Covid-19 ini. Hal itu terjadi karena penutupan sementara sekolah yang diperintahkan langsung oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 serta mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Namun, proses pembelajaran Online tidak efektif karena guru hanya menggunakan media sosial (yaitu WhatsApp) untuk berinteraksi dengan siswanya sebagai satu-satunya alat pembelajaran Online. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan guru pada pembelajaran daring dan mengembangkan model pelatihan untuk meningkatkam keterampilan guru pada pelaksanan pembelajaran daring serta menguji kelayakan model pelatihan google classroom dan menganalisis keefektifan model pelatihan ADDIE meningkatkan pengetahuan menggunakan platform google classroom. Metode penelitian ini menggunakan desain model Research and Development ADDIE. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dengan penilaian skala, dan dokumentasi. Tahap pengembangan melibatkan ahli media dan ahli materi sehingga menghasilkan model pelatihan yang siap diuji cobakan. Tahap evaluasi dilakukan dengan uji coba untuk mengetahui keefektifan model. Hasilnya, pelatihan Google Classroom dapat meningkatkan kompetensi guru yang dinilai dari hasil validasi ahli media 97% kriteria sangat layak, 94% validasi ahli materi dengan kriteria sangat layak, dan 86% responden mengikuti kriteria sangat layak. Keefektifan model pelatihan pretest mendapatkan 55,38 kriteria cukup sedangkan posttest mendapatkan 85,54 kriteria sangat layak, sehingga model pelatihan google classroom sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi keahlian guru Model pelatihan menggunakan google classroom sesuai dengan kebutuhan guru adalah pelatihan dengan model instruksional ADDIE. Model ini terbukti efektif dalam meningkatkan pengetehuan membuat dan menggunakan platform google classroom. Agar instruktur pelatihan dapat berjalan sesuai dengan harapan dan maksimal maka perlu memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : ADDIE, Google Classroom, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > portfolio assessment
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:09
Last Modified: 20 Mar 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62123

Actions (login required)

View Item View Item