PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT MACRO ENABLE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI NU BANAT KUDUS


HILDA AMALIA KHASANAH, 0104518007 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT MACRO ENABLE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI NU BANAT KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran SKI selama ini guru mengajar menggunakan metode konvensional dengan minimnya penggunaan teknologi informasi berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa di mana kurang sesuai dengan Pasal 19 ayat 1 PP No. 19 Tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah, mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk Multimedia Pembelajaran Interaktif, menganalisis kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif SKI, menganalisis Multimedia Pembelajaran Interaktif SKI dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitian dengan penggunaan multimedia interaktif sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Analisis data melalui data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun analisis data kuantitatif dengan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guru SKI mengajar dengan cara teacher centered dengan mayoritas berpedoman pada LKS dan buku paket SKI sebagai sumber belajar, terjadi keterbatasan pemanfaatan media dan teknologi. (2) Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa multimedia interaktif berbasis PowerPoint macro enable yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak untuk diujicobakan. (3) Pengembangan multimedia interaktif berbasis PowerPoint macroenable memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase rata�rata 85,85%. (4) Multimedia interaktif berbasis PowerPoint macro enable mendapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan hasil hipotesis uji skala kecil memperoleh 0,001 ≤ α 0,05 dan hasil hipotesis pada skala besar memperoleh 0,000 ≤ α 0,05. Adapun hasil uji gain pada skala kecil mendapatkan 0,7806 dengan kriteria tinggi dan pada skala besar mendapatkan 0,6187 dengan kriteria sedang. Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat diperlukan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan inovatif. Multimedia Pembelajaran Interakif merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran karena meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, PowerPoint macro enable, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > learning facilities
L Education > Educational Institutions > school management
L Education > Educational Institutions > portfolio assessment
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:53
Last Modified: 20 Mar 2024 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62119

Actions (login required)

View Item View Item