EKSKLUSIVITAS KURIKULUM PENDIDIKAN INDUSTRI ANIMASI SMK RADEN UMAR SAID KUDUS
ERMAYANI, 0104518005 (2023) EKSKLUSIVITAS KURIKULUM PENDIDIKAN INDUSTRI ANIMASI SMK RADEN UMAR SAID KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tesis ini membahas SMK Raden Umar Said Kudus (RUS) yang semula SMK pinggiran berubah menjadi sekolah unggulan bertaraf internasional dengan tingkat kemajuan kurikulum pendidikan industri animasi dalam proses pembelajaran yang diterapkan. Tujuan penelitian menganalisis eksklusivitas kurikulum pendidikan industri animasi, menganalisis proses pembelajaran dan dampak (outcome) dari eksklusivitas kurikulum pendidikan industri animasi di SMK RUS. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi mengungkap lebih dalam fenomena kurikulum pendidikan industri animasi, di SMK RUS. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian berupa data primer dari hasil wawancara kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala program keahlian animasi, guru umum, guru produktif, guru mentor dan siswa. Teknik validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian kurikulum out of the box SMK RUS mengambil konsentrasi animasi 3D dengan 70 % praktik dan 30% teori. Pengembangan kurikulumnya dengan: 1) penyelarasan kurikulum yang tersinkron dengan industri; 2) kurikulum essensial; dan 3) materi satu kompetensi yang ditekuni. Siswa kelas X dibekali materi dasar-dasar animasi, kelas XI konsentrasi PKL (praktek kerja lapangan) satu tahun. Kelas XII fokus pada tugas akhir. Waktu belajar menyesuaikan target pencapaian hasil belajar. Siswa bisa belajar sampai jam 22.00 WIB. Proses pembelajaran menggunakan teaching factory berbasis problem based learning (PBL) yang mengembangkan jiwa kewirausahaan lulusannya. Peserta didik menemukan pemahaman konseptual setelah melalui proses praktik di studio. Ruang praktik dan pembelajaran yang menyenangkan memadukan materi umum dan produktif (pembelajaran tematik) dengan kurikulum essensial. Fasilitas lengkap dan canggih dari ruang animasi, ruang recording, sound editing, ruang color grading, mini theater. Pembelajaran teaching factory menggunakan job sheet, jadwal blok, ada produk dan market dengan penilaian berupa tugas akhir dan pameran gelar karya. Pembelajaran industri dengan sistem pembelajaran blok dengan capaian target belajar menentukan durasi waktu belajar. Dampak (outcome) kurikulum pendidikan industri animasi di SMK RUS menghasilkan lulusan bekarja di industri yang profesional dalam wawasan dan sikap kompetitif, etos kerja, prestasi, motivasi, keterampilan sesuai dengan kebutuhan pasar industri dan dunia usaha secara global.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Industri Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 02:46 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 02:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62118 |
Actions (login required)
View Item |