INTERNALISASI LOCAL GENIUS GUSJIGANG SEBAGAI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER (DISIPLIN, RELIGIUS DAN ENTREPRENEURSHIP) DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS


SUTIKNO, 0104518004 (2023) INTERNALISASI LOCAL GENIUS GUSJIGANG SEBAGAI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER (DISIPLIN, RELIGIUS DAN ENTREPRENEURSHIP) DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada hasil wawancara dan observasi terhadap SMA Negeri 1 Bae Kudus yang menggunakan filosofi gusjigang sebagai penanaman nilai-nilai karakter dalam sistem pembelajaran sekolah serta dituangkan dalam pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep gusjigang, menganalisis internalisasi local genius gusjigang dan dampak dalam penanamkan nilai-nilai karakter (disiplin, religius dan entrepreunership) bagi siswa di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi untuk mengetahui lebih dalam dan sistematis tentang konsep, internalisasi dan dampak local genius gusjigang dalam menanamkan nilai-nilai karakter (disiplin, disiplin, religius dan entrepreunership) bagi siswa SMA Negeri 1 Bae Kudus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber penelitian data primer yang diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa SMA Negeri 1 Bae Kudus. Teknik keabsahan data menggunakan tingkat kepercayaan (kredibilitas) dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa internalisasi local genius gusjigang dalam menanamkan karakter nilai-nilai (disiplin, religius dan entrepreunership) di SMA Negeri 1 Bae Kudus tidak terbatas pada transfer pengetahuan tentang nilai-nilai yang baik, tetapi membuat bagaimana karakter tersebut nilai-nilai yang tertanam dan menyatu dalam totalitas pikiran dan tindakan seseorang. Dampak intenalisasi local genius gusjigang, “Gus” dalam perilaku disiplin ditandai: a) disiplin dalam kehadiran; b) menghargai waktu; c) menjaga lisan; d) selalu berpakaian rapi; e) bersaing untuk lebih banyak prestasi; f) ketaatan kepada guru dan orang tua dan g) perilaku ramah dan sopan terhadap guru/staf, orang tua dan sesama siswa. “Ji” dalam perilaku beragama: a) pemahaman yang lebih baik tentang keimanan Allah SWT; b) terbiasa beribadah; c) membawa rasa lebih dekat kepada Tuhan; d) memahami sejarah perkembangannya Islam di dunia; e) munculnya literasi budaya; f) menyadari kewajiban untuk selalu belajar dan mencari ilmu serta mengamalkannya. Itu nilai karakter “Gang” atau kewirausahaan juga menunjukkan respon positif yang ditandai dengan; sebuah) munculnya kreativitas dan inovasi; b) terbentuk perilaku mandiri dan pantang menyerah; c) menumbuhkan keberanian untuk mencoba; d) memiliki pemasaran dan jiwa komunikatif; e) meningkat pengetahuan dan kemampuan; f) percaya diri dan bertanggung jawab dan g) memiliki kepedulian terhadap pelestarian alam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Local genius gusjigang, Internalisasi
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > learning facilities
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:42
Last Modified: 20 Mar 2024 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62117

Actions (login required)

View Item View Item