KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN CRITICAL THINKING SISWA SEKOLAH DASAR


Yuanita Dewi Chrisnamurthy, 0103518138 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN CRITICAL THINKING SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Critical Thinking merupakan komponen yang penting dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari keterampilan critical thinking siswa belum terlihat dalam pembelajaran yang dibuktikan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita kategori HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV sekolah dasar ditinjau dari keterampilan critical thinking dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran (Kuantitatif dan Kualitatif) dengan model concurrent embedded. Sampel dari penelitian terdiri dari 115 siswa. Metode kuantitatif True Experimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Design. Sedangkan metode kualitatif dengan tahapan Pengelompokan Data, Reduksi Data, Interpretasi Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 14,68, dibandingkan nilai t tabel 0,39 berdasarkan N= 27, maka nilai t hitung tersebut lebih besar dari t table. Kemudian apabila nilai „Sig.‟ lebih kecil dari taraf signifikansi yang digunakan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan PBL (X) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah (Y). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada pembelajaran PBL adalah sebesar (r) = 0,95 disertai signifikansi 0,00. Berdasarkan kriteria keputusan di atas maka dapat simpulkan bahwa korelasi dari kedua variabel tersebut adalah signifikan, karena signifikasi yang menyertainya lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Tingkat Keterampilan Critical Thinking jika subjek dengan critical thinking tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dalam penelitian ini sedangkan subjek dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator dengan baik, indikator yang lainnya masih kurang mampu dipenuhi oleh subjek. Simpulan penelitian ini bahwa model Problem Based Learnig (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada pembelajaran PBL juga signifikan. Model problem based learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari critical thinking. Diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran model PBL ditinjau dari keterampilan critical thinking siswa sekolah dasar agar hasil penelitiannya dapat lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Critical thinking, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:22
Last Modified: 20 Mar 2024 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62114

Actions (login required)

View Item View Item