PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA


MUHAMMAD HABIB RAMADHANI, 0103521093 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasari atas rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan minat belajar siswa pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning; (2) menganalisis kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning; (3) menganalisis efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa; (4) menganalisis efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan meliputi: research and information collecting, planning, develop preliminary from of product, preliminary field testing, main field test, dan operation product revision. Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu: (1) Subjek saat proses pengembangan produk adalah 3 dosen ahli, (2) subjek saat uji efektivitas dari pengembangan produk adalah siswa kelas V SD Negeri Ngijo 02 dan SD Negeri Nongkosawit 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi: (1) analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis studi pendahuluan; (2) analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis kelayakan produk; (3) analisis statistik inferensial digunakan untuk menguji keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning yang tersusun dicetak ukuran kertas A4 dan sekitar 66 halaman. Modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning memperoleh nilai kevalidan dengan persentase 90% oleh ahli materi, 91% oleh ahli media, 82% oleh ahli bahasa, serta memperoleh kepraktisan dengan persentase 94% oleh guru dan 85% oleh siswa. Berdasarkan hasil uji kesamaan rata-rata, modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning memperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 dan memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,47 dengan kriteria “sedang” atau “cukup.” Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis vi siswa yang diajar menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning mencapai batas tuntas aktual. Proporsi siswa yang memenuhi batas tuntas aktual sudah melebihi 75%. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji N-Gain memperoleh nilai 0,84 atau kriteria “tinggi.” Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) Modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning telah disusun sesuai dengan ketentuan; (2) Modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning dinyatakan layak digunakan; (3) Modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning efektif meningkatkan minat belajar siswa; (4) Modul pembelajaran matematika berbasis model discovery learning efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, matematika, minat belajar, modul pembelajaran, pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:16
Last Modified: 20 Mar 2024 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62113

Actions (login required)

View Item View Item