KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA


HADI SUMARTO, 0103521038 (2023) KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil nilai semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 materi literasi numerik yang masih sangat rendah. Rumusan dalam penelitian ini ialah (1) bagaimana kualitas implementasi pembelajaran model Project Based Learning terhadap kemampuan literasi numerik peserta didik kelas IV? dan (2) Bagaimana pola kemampuan literasi numerik peserta didik kelas IV pada pembelajaran model Project Based Learning?, sehingga tujuan penelitian ini ialah terujinya kualitas pembelajaran terhadap kemampuan literasi numerik dan ditemukannya pola kemapuan literasi numerik peserta didik kelas IV pada pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu mixed method yang mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen nonrandomized control group, pretest-postest�control, group desain. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Project Based Learning berbantuan video pembelajaran sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran direct learning. Kedua kelas tersebut diberikan soal pretes dan postes tentang kemapuan literasi numerik. Hasil penelitian ditemukan (1) kualitas implementasi pembelajaran model Project Based Learning dalam kategori sangat baik, yang ditunjukkan dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian, (2) pola kemampuan literasi numerik peserta didik Kelas IV tergambar sebagai berikut, (a) kemampuan dengan kategori rentang skor 91-100, dari kategori ini peserta didik dapat menggunakan berbagai macam angka dan simbol dengan baik, menganalisis informasi dengan baik, dan menafsirkan hasil dengan baik, (b) kemampuan dengan kategori rentang skor 81-90, dari ketegori ini peserta didik dapat menggunakan berbagai macam angka dan simbol dengan baik, menganalisis informasi dengan cukup, dan menafsirkan hasil dengan baik, (c) kemampuan dengan kategori rentang skor 71- 80, dari kategori ini peserta didik menggunakan berbagai macam angka dan simbol dengan cukup, menganalisis informasi dengan cukup, dan menafsirkan hasil dengan cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerik, Project Based Learning, Video Pembelajaran, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:12
Last Modified: 20 Mar 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62112

Actions (login required)

View Item View Item