BAHAN AJAR E-COMIC BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP LITERASI NUMERASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR


HARUM SUNYA ISWARA, 0103521006 (2023) BAHAN AJAR E-COMIC BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP LITERASI NUMERASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Disrupsi Pendidikan sejalan dengan perkembangan kurikulum Pendidikan yang ada di Indonesia. Hasil rapor Pendidikan publik SD di Kota Semarang menyatakan bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah di bawah kompetensi minimum. berdasarkan hal tersebut diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E�Comic berbasis Etnomatematika untuk siswa sekolah dasar. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain penelitian quasi experiment yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tahap analisis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan penggunaan bahan ajar, tahap design merupakan tahap merancang desain sesuai analisis kebutuhan, tahap development dilakukan dengan menguji validasi produk pada ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa, serta dilakukan uji coba skala kecil, tahap implementasi merupakan tahapan untuk uji coba skala besar, tahap evaluasi yakni menganalisis tanggapan guru dan siswa dalam menggunakan bahan ajar. Tes, Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai upaya pengumpulan data yang terdapat di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; 1) kondisi awal pembelajaran matematika di SDN Lamper Kidul 02 dilaksanakan berdasarkan kurikulum merdeka; 2) Sebanyak 86% siswa menganggap belajar matematika lebih menyenangkan menggunakan E-Comic. 3) Bahan ajar E-Comic berbasis etnomatematika sangat layak untuk diterapkan berdasarkan uji validasi uji ahli materi 87,5% dengan kategori angat layak, ahli media 88,9% dengan kategori sangat layak, ahli Bahasa 91,7% dengan kategori sangat layak. 4) pengembangan E-Comic berbasis etnomatematika sangat efektif untuk meningkatkan literasi numerasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa, dibuktikan dengan uji N Gain sebesar 0,79 yang dikategorikan tinggi dan 0,82 yang dikategorikan tinggi. 5) Bahan ajar E-Comic praktis digunakan, materi E-Comic kontekstual, serta bahasa yang digunakan dalam E-Comic mudah dipahami, dan keseluruhan bahan ajar komik matematika menarik. Secara umum bahan ajar E-Comic berbasis etnomatematika berimplikasi terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, E-Comic, Etnomatematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:09
Last Modified: 20 Mar 2024 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62111

Actions (login required)

View Item View Item