IMPLEMENTASI SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PBL PADA MATERI PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI KESEHATAN


ELIS RISYANTI, 0103520081 (2023) IMPLEMENTASI SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PBL PADA MATERI PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI KESEHATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kurikulum 2013 menuntut adanya pemanfaatan berbagai sumber belajar, media pembelajaran dan bahan ajar yang bervariasi untuk mendukung proses pembelajaran. Namun dilapangan guru dan siswa hanya menggunakan sumber belajar yang disediakan oleh pemerintah, yaitu buku guru dan buku siswa. Hal ini berakibat pada siswa terkendala dalam mempelajari materi karena materi yang ada dalam buku terlalu sedikit sehingga sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh suplemen bahan ajar berbasis PBL terhadap penguasaan konsep dan sikap peduli kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group research. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dan VB SDIT Tazkia Insani. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar skala sikap, lembar observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan pada kelas eksperimen penguasaan konsep dan sikap peduli siswa meningkat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) bahan ajar tambahan berbasis PBL pada pernafasan manusia berpengaruh terhadap penguasaan konsep. 2) Suplemen bahan ajar berbasis PBL pada materi pernafasan manusia berpengaruh terhadap sikap peduli kesehatan. 3) Penambahan bahan ajar berbasis PBL pada materi pernapasan manusia ditanggapi positif oleh guru dan siswa. 4) Suplemen bahan ajar berbasis PBL pada pernafasan manusia memiliki hubungan antara penguasaan konsep dengan sikap peduli kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, PBL, Penguasaan Konsep, dan sikap peduli kesehatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:05
Last Modified: 20 Mar 2024 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62110

Actions (login required)

View Item View Item