PENGARUH ASSESMENT KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI MINIMAL PESERTA DIDIK MATERI TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR


DENIS ALFIAN, 0103520074 (2023) PENGARUH ASSESMENT KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI MINIMAL PESERTA DIDIK MATERI TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan melihat dari hasil assessment terhadap rendahnya motivasi yang berdampak pada rendahnya kompetensi ketercapaian mimimal peserta didik. bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh assessment kognitif menggunakan aplikasi quizizz terhadap motivasi dan ketercapaian minimum peserta didik sekolah dasar, (2) Menganalisis seberapa persen pengaruh quizizz terhadap assessment kognitif peserta didik, (3) Menganalisis assessment kognitif menggunakan quizizz dapat meningkatkan motivasi dan keterccapaian minimum peserta didik, (4) menganalisis korelasi antara motivasi dan ketercapaian kompetensi minimum peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif kuasi eksperimen, dengan desain control grup kuasi eksperimen. Populasi dan sampel 100 peserta didik SDN 6 Arjawinangun, SDN 5 Jungjang, SDN 1 Rawagatel, teknik sampling stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, memberikan tes, angket motivasi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, validasi instrument, analisis hasil uji coba tes, dan uji hipotesis. Hasil penelitian disimpukan uji normalitas kelas eksperimen signifikasinya 0,000 dan kelas kontrol 0,000 maka data kelas eksperim dan kontrol berdistribusi normal, uji coba uji homogenitas kelas eksperimen 0,430 dan kelas kontrol 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang sama, kelas eksperim awalnya 80,30 menjadi 84,90 dan kelas eksperimen awal 62,52 menjadi 72,00 dapat disimpulkan kelas eksperimen meningkat 4,60 dan kelas kontrol 9,48, uji hipotesis menggunakan uji t db = N-2 = 50 – 2 = 48 pada taraf kepercayaan 5% diperoleh t tabel = 1,671. Hasil dari t hitung lebih besar dari t tabel (7.975 > 1,671), Dengan db = N-2 = 50 – 2 = 48 pada taraf kepercayaan 5% diperoleh t tabel = 1,671. Hasil dari t hitung lebih besar dari t tapbel (6.080> 1,671) dengan demikian menyatakan terdapat korelasi antara assement menggunakan aplikasi quizizz terhadap motivasi dan ketercapaian kompetensi minimum peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Assesment kognitif menggunakan aplikasi quizizz ,motivasi ketercapaian kompetensi minimal peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:01
Last Modified: 20 Mar 2024 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62109

Actions (login required)

View Item View Item