PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA BANJIR SEBAGAI PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


ADITIYA, 0103520072 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA BANJIR SEBAGAI PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media sangat diperlukan dalam proses pembelajaran pembelajaran. Penelitian ini terfokus pada pengembangan media pembelajaran video animasi mitigasi bencana banjir sebagai pengetahuan kesiapsiagaan bagi siswa kelas V di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman materi, mendeskripsikan media pengembangan dan menguji kevalidan media serta mengetahui keefektifan media video animasi mitigasi bencana banjir dengan menggunakan analisis kebutuhan, angket ahli media dan ahli materi serta soal pre�test dan post-test. Adapun sampel yang di ambil adalah siswa kelas V SD Labschool Unnes Kecamatan Gajahmungkur sejumlah 16 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket kevalidan guru dan siswa serta angket validasi dari ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kebutuhan pengembangan dan kevalidan serta pres-test dan post-test untu mengetahui keefektifan media video animasi mitigasi bencana banjir. Hasil penelitian pada data, diperoleh hasil bahwa keberadaan dan pengembangan media pembelajaran dibutuhkan serta layak digunakan, berdasarkan penilaian validitas oleh ahli media memperoleh presentase nilai 84% yang termasuk pada kategori layak digunakan, sedangkan untuk ahli materi memperoleh presentase 87% yang termasuk pada kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (7,121 > 1,753). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, oleh karna itu hasil uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan media video animasi mitigasi bencana banjir terhadap hasil belajar siswa. Hasil Uji N�Gain diketahui bahwa selisih nilai rata-rata Pre-test dan Post-test sebesar 23,438 dan Nilai N-Gain adalah 0,5119 yang berarti termasuk pada kriteria sedang. Sehingga kesimpulannya terdapat peningkatan hasil belajar Pre-test dan Post-test dengan kriteria sedang. Adapun manfaat dari riset ini adalah Adapun manfaat pada riset ini sebagai bahan refrensi ataupun pendukung bagi penelitian selanjutnya khususnya bagi penelitian pada bidang Pendidikan tingkatan Pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Banjir, Media, Mitigasi Bencana, Video Animasi
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:57
Last Modified: 20 Mar 2024 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62108

Actions (login required)

View Item View Item