PENGEMBANGAN MEDIA VIANIK LOMBOK BERBANTUAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM KELAS LEVEL 2 UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPENDAPAT KELAS IV SEKOLAH DASAR


AHMAD FAUZAN, 0103520065 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIANIK LOMBOK BERBANTUAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM KELAS LEVEL 2 UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPENDAPAT KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video vianik lombok yang valid, efektif, dan menarik. Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Resech & Development), yang mengacu pada model ADDIE yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Kawo dan SD Negeri Teluk Bulan. Instrumen pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi, tes tulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah angket validasi media dan materi, respon guru dan siswa, dan hasil pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi etnik Lombok dinyatakan valid berdasarkan uji validitas. Hasil analisis data ahli materi memperoleh hasil 100% dengan kriteria sangat valid, ahli media memperolaeh hasil 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keefektifan dengan nilai N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan berpendapat siswa dengan nilai rata-rata 0,59% dengan kriteria sedang. Uji kemenarikan pada penelitian ini dilakukan oleh guru dan siswa dengan memperoleh nilai rata-rata 80,75% ujicoba skala kecil kriteria sangat menarik, 87,94% ujicoba skala luas dengan kriteria sangat menarik, dan 95% uji kemenarikan oleh guru dengan kriteria sangat menarik. Penelitian ini menghasilkan media video pembelajaran yang valid dan menarik dalam meningkatkan kemampuan berpendapat siswa dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Assesmen Kompetensi Minimum, Keterampilan Berpendapat.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:54
Last Modified: 20 Mar 2024 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62107

Actions (login required)

View Item View Item