PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR


DURROTUL ULYA, 0103520024 (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan yang beraneka ragam pada anak usia sekolah dasar dapat digali dan dikembangkan. Kecerdasan yang beragam tersebut dikenal dengan multiple intellegence. Multiple intelligence meliputi kecerdasan verbal-linguistik, logis-matematis, spasial-visual, kinestetik-jasmani, musikal, intrapersonal, interpersonal, naturalis, eksistensial. Pengembangan multiple intellegence peserta didik tidak lepas dari adanya inovasi dan kreativitas yang diciptakan oleh guru. Penggunaan bahan ajar juga dapat membantu guru mengembangkan multiple intelligence peserta didik. Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multiple intellegence dapat digunakan untuk pembelajaran tematik agar peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di beberapa sekolah mendapatkan hasil yang berbeda tentang penggunaan LKPD, baik di sekolah negeri maupun swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid, efektif, dan dapat meningkatkan kemampuan multiple intelligence peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV MI Baitul Huda Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, observasi, tes tulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji N-gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) LKPD berbasis multiple intelligence dalam pembelajaran tematik yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan guru dan peserta didik. Ciri khas dari LKPD yaitu muatan multiple intelligence yang ada dalam LKPD, (2) hasil penilaian dari dua validator LKPD sebesar 90,4% dan 92,3% pada kriteria sangat layak. Penilaian dari ahli psikologi sebesar 93,8% dengan kriteria sangat layak, (3) keefektifan LKPD berbasis multiple intelligence dinilai dari uji N-gain dengan hasil 0,83 dengan persentase keefektifan 83%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung (17,957) > t tabel (2,036), (4) keberterimaan LKPD berbasis multiple intelligence dinilai berdasarkan angket tanggapan guru dan peserta didik dengan persentase 87,5% dan 97,5% pada kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multiple intelligence efektif dan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan multiple intelligence peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas 4 tema 2

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Multiple Intelligence, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:47
Last Modified: 20 Mar 2024 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62105

Actions (login required)

View Item View Item