PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR


LINTANG AYU FITRIYANI, 0103520022 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil survei Most Littered Nation in the World 2016 menyatakan bahwa dari 61 negara yang tingkat literasinya diteliti, Indonesia menempati urutan ke-60 yaitu peringkat kedua dari bawah. Kemampuan literasi ini sangat penting sebagai dasar untuk dapat menguasai materi pembelajaran yang diberikan di sekolah. Hal ini berpengaruh pada pembelajaran yang menuntut siswa untuk banyak membaca dan memahami, salah satunya pada materi kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia di kelas IV sekolah dasar. Pembelajaran Sejarah berhubungan dengan literasi sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik modul pembelajaran IPS yang tersedia untuk siswa kelas IV sekolah dasar, mengetahui kebutuhan siswa terhadap pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan literasi siswa kelas IV sekolah dasar, mengetahui kevalidan, keefektifan, dan keterlaksanaan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dikembangkan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D), dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 30 siswa kelas IV di SDN 1 Mangkujayan Kabupaten Ponorogo. Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data hasil validasi ahli, analisis data hasil tes, dan analisis data hasil angket keterlaksanaan modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik modul pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar memiliki pemaparan materi yang sangat sedikit, dan belum banyak memfasilitasi siswa dalam mengenal daerah tempat tinggalnya sesuai dengan tujuan pembelajaran; 2)Siswa dan guru membutuhkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan literasis sosial siswa kelas IV sekolah dasar; 3) Modul pembelajaran dinyatakan sangat valid pada aspek materi, dan desain, dengan skor 82% dan 95%; 4) Modul pembelajaran dinyatakan efektif untuk meningkatkan literasi sosial siswa, dengan hasil uji-t berpasangan yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan rata-rata pada data pretest dan posttest, serta hasil n-gain mendapat persentase 78% dengan kriteria tinggi; 5) Modul pembelajaran dinyatakan terlaksana dengan sangat baik, dengan persentase 86% dengan pada hasil angket siswa, dan mendapatkan persentase 91% pada hasil angket guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Literasi Sosial, Augmented Reality, Pembelajaran IPS.
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:44
Last Modified: 20 Mar 2024 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62104

Actions (login required)

View Item View Item