PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


HILWA LAYYINA, 0103520019 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pengembangan media Pop Up Book berbasis budaya lokal. (2) Menganalisis kevalidan media Pop Up Book berbasis Budaya Lokal. (3) Menganalis kepraktisan media Pop Up Book berbasis budaya lokal. (4) Menganalisis keefektifan media Pop Up Book berbasis budaya lokal dalam meningkatkan literasi membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model desain dari Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Kudus yang melibatkan siswa Kelas V F Bari dan F Fattah dan wali kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk memastikan bahwa pengembangan media Pop Up Book dapat meningkatkan literasi membaca siswa pada kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Pop Up Book yang dikembangkan membuat siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar khususnya literasi membaca. (2) Haisl validitas media 96% dan materi 94% kategori “sangat layak”. (3) Kepraktisan media memperoleh rata-rata presentase kepraktisan sebesar 97% kategori “sangat praktis. (4) Hasil uji T pada pre-test dan post-test literasi membaca mempeorleh skor Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan rara-rata hasil pre-test dan post�test pada literasi membaca siswa penelitian ini. Kemudian pada hasil uji N-Gain pre-test dan post-test literasi membaca memperoleh skor sebesar 0,567 dengan kategori “Sedang”. Perolehan skor N-Gain mengidentifikasi adanya peningkatan literasi membaca siswa kearah yang lebih baik. Simpulan, bahwa media Pop Up Book berbasis Budaya Lokal efektif untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pop Up Book, Berbasis Budaya Lokal, Literasi Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:40
Last Modified: 20 Mar 2024 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62103

Actions (login required)

View Item View Item