PENGEMBANGAN MODUL ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL WATHAN MAJUWET


SABAHUL KHAIR, 0103520015 (2023) PENGEMBANGAN MODUL ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL WATHAN MAJUWET. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menciptakan sebuah inovasi dan perangkat pembelajaran memungkinkan sangat cepat akan mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar, salah satunya berupa modul sebagai bahan ajar. Pengembangan modul etnomatematika berbasis budaya Lombok ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan literasi matematik siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul etnomatematika berbasis budaya lombok yang teruji validitas isi dan respon pengguna yang baik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap menyebaran (Disseminate). instrument pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, soal tes, lembar angket respon pengguna dan guru. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis validitas ahli media dan materi, analisis uji keefektifan dan analisis respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Lombok dinyatakan valid berdasarkan uji validitas. Hasil analisis data ahli materi memperoleh hasil 0,67 dengan kategori valid, ahli media memperolaeh hasil 0,80 dengan kategori valid, uji coba skala kecil 81% dengan kriteria setuju, ujicoba skala besar 87% dengan kriteria sangat setuju, uji kepraktisan oleh guru 76% dengan kriteria praktis dan hasil nilai N-gain menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan modul dalam proses pembelajaran yaitu 0.54 dalam kategori sedang. Penelitian ini menghasilkan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya yang valid dan praktis dalam meningkatkan literasi matematika siswa dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul Etnomatematika, Budaya Lombok, Literasi Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:37
Last Modified: 20 Mar 2024 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62102

Actions (login required)

View Item View Item