PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS RISET PADA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTs


TITIS HANDAYANI, 0103520014 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS RISET PADA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTs. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan buku teks materi IPA di era digitalisasi perlu dikembangkan menjadi bahan ajar suplemen yang dikemas secara elektronik. Pembelajaran IPA dituntut berisi perpaduan antara teori dan praktik untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah unuk mengalisis kevalidan bahan ajar elektronik berbasis riset, kepraktisan dalam penggunaannya, dan efektivitas bahan ajar elektronik berbasis riset terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa MTs pada materi Sumber Energi Alternatif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D dengan tahapan define, design, develop, and disseminate. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase skor rata-rata kevalidan bahan ajar elektronik berbasis riset oleh ahli materi dan ahli media sebesar 88,39% dengan rincian validasi ahli materi 87,50% dan ahli media 89,28% sehingga dapat digunakan. Respon guru dan siswa terhadap kepraktisan bahan ajar elektronik berbasis riset menunjukkan persentase skor rata�rata masing-masing sebesar 87,50% dan 89,03%. Hasil belajar kognitif keterampilan proses sains siswa sebesar 81,25 dengan rincian tiap indikator keterampilan proses sains siswa yaitu mengklasifikasi 84,38, menginterpretasi 91,41, merumuskan hipotesis 76,56, melakukan eksperimen 74,22, dan menyimpulkan 79,69. Sedangkan hasil observasi keterampilan proses sains siswa diperoleh persentase skor rata-rata 88,28% dengan rincian indikator mengamati sebesar 90,63% dan mengomunikasikan 85,94%. Hasil analisis nilai N-gain sebesar 0,70 kriteria tinggi. Dengan demikian, berdasarkan hasil tersebut penggunaan bahan ajar elektronik berbasis riset pada materi Sumber Energi Alternatif dapat digunakan dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa MTs.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar elektronik berbasis riset, keterampilan proses sains, riset
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > learning facilities
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:33
Last Modified: 20 Mar 2024 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62101

Actions (login required)

View Item View Item