PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


DEWI ANJARSARI, 0103520012 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan buku teks materi IPA di era digitalisasi perlu dikembangkan menjadi bahan ajar suplemen yang dikemas secara elektronik. Pembelajaran IPA dituntut berisi perpaduan antara teori dan praktik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakteristik E-modul berbasisi inkuiri; 2) Kelayakan E-modul berbasis inkuiri; 3) Keefektifan E-modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan interpersonal siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D dengan tahapan define, design, develop, and disseminate. E-modul berbasis inkiri menggunakan sintak inkuiri, terdapat materi, game edukasi, lembar kerja siswa berbasis inkuiri menjadi ciri khas utama media E-modul berbasis inkuiri yang di kembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase skor rata-rata kevalidan e-modul berbasis inkuiri oleh ahli materi dan ahli media sebesar 91,94% dengan rincian validasi ahli materi 92,38% dan ahli media 90,5% sehingga dapat digunakan. Respon guru dan siswa terhadap kepraktisan e-modul berbasis inkuiri menunjukkan persentase skor rata-rata masing-masing sebesar 87.50% dan 89.03% Penelitian ini menghasilkan E-modul berbasis inkuiri yang layak digunakan dalam meningkatkan kemampun berpikir kritis dan interpersonal siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hasil analisis nilai N-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,35 kriteria sedang, nilai N-gain kemampuan interpersonal siswa 0,42 kriteria sedang. Dengan demikian, berdasarkan hasil tersebut penggunaan e-modul berbasis inkuiri dapat digunakan dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan interpersonal siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Inkuiri, Berpikir Krtitis, Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:24
Last Modified: 20 Mar 2024 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62100

Actions (login required)

View Item View Item