IMPLEMENTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM KELAS PADA PEMBELAJARAN MENGURAIKAN PESAN DONGENG BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR


HALANI FELDA SUNBANU, 0103520005 (2023) IMPLEMENTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM KELAS PADA PEMBELAJARAN MENGURAIKAN PESAN DONGENG BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sekarang ini untuk menyiapkan siswa yang memiliki kecakapan abad ke-21, pemerintah melakukan asesmen kemampuan minimum (AKM) yang meliputi asesmen pada literasi membaca dan numerasi. Asesmen kompetensi minimum kelas digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek kemampuan literasi membaca dan berhitung atau kemampuan numerasi. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Menganalisis peningkatan kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum kelas pada pembelajaran menguraikan pesan dongeng bagi siswa Sekolah Dasar. 2) Mendeskripsikan penilaian keterampilan berbicara pada pembelajaran menguraikan pesan dongeng bagi siswa Sekolah Dasar.3) Menganalisis pengaruh implementasi Asesmen Kompetensi Minimum Kelas pada pembelajaran menguraikan pesan dongeng bagi keterampilan berbicara siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan tipe sequential explanatory. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III kan di SD Negeri Petompon 01 Semarang. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji normalitas,uji homogenitas,uji ketuntasan klasikal rata-rat, hasil menguraikan pesan dongeng dengan AKM dan hasil keterampilan berbicara. Sedangkan hasil data kualitatif dianalisis menggunakan hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menguraikan pesan dongeng dapat diukur dengan asesmen kompetensi minimum dapat meningkatkan hal ini ditinjau dari hasil pengerjaan soal AKM kelas yang mendapatkan hasil dari 20 siswa 19 siswa mencapai KKM dan 1 siswa tidak mencapai KKM. Pembelajaran menguraikan pesan dongeng memiliki KKM 70. Dilihat dari hasil pretest 69,2 dan hasil posttest 87,77 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan AKM kelas pada pembelajaran menguraikan pesan dongeng. Siswa di minta untuk menyampaikan pesan dongeng kedepan kelas dan dinilai berdasarkan aspek penilaian keterampilan berbicara. Hasil menunjukkan keterampilan berbicara pada siwa kelas III SD Petompon 01 mencapai KKM dengan rata-rata 85,45. Selanjutnya menggunakan uji regresi menunjukan adanya pengaruh menguraikan pesan dongeng dengan AKM terhadap keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan menguraikan pesan dongeng yang dilihat dari hasil AKM kelas, adanya ketuntasan pada keterampilan berbicara siswa dalam menyampaikan pesan dongeng.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: asesmen kompetensi minimum, menguraikan pesan dongeng, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:17
Last Modified: 20 Mar 2024 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62098

Actions (login required)

View Item View Item