PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL CERITA BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V


RIZKI NURSEPTYANI, 0103519054 (2023) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL CERITA BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh observasi awal mengenai kendala dalam proses pembelajaran yang terjadi di SD Negeri 3 Kracak. Diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas V mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran IPA pada materi sistem pencernaan. Kesulitan tersebut dikarenakan materi bersifat abstrak, penggunaan istilah-istilah baru, serta minimnya penggunaan media pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa kurang termotivasi serta kesulitan memahami materi dan berdampak pada lebih dari 60% siswa memperoleh hasil belajar IPA materi sistem pencernaan kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini membahas mengenai karakteristik hasil pengembangan buku digital cerita bergambar, kevalidan buku digital cerita bergambar, kondisi motivasi belajar siswa saat menggunakan buku digital cerita bergambar, serta keefektifan penggunaan buku digital cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas V SDN 3 Kracak. Data dikumpulkan dengan metode tes tertulis dan angket, serta diuji kualitas ukurnya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, statistika deskriptif, uji t, dan N-gain. Media buku digital cerita bergambar yang dikembangkan berisi materi sistem pencernaan, memuat gambar dan narasai yang runtut dan saling berkaitan, menggunakan bahasa yang tidak baku, dan terdiri dari bagian cover, prakata, kompetensi dasar, indikator, peta materi, isi cerita, daftar pustaka, dan biodata penulis. Produk yang dikembangkan dinyatakan valid digunakan setelah melalui penilaian dari ahli materi (84,44%), media (80%), dan bahasa (66%). Ketika dilakukan pembelajaran dengan media buku digital cerita bergambar, motivasi belajar siswa masuk dalam kategori baik dengan rentang 63-81. Berdasarkan hasil uji coba skala besar dan skala kecil penggunaan media buku digital cerita bergambar efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan buku digital cerita bergambar pada skala kecil 50,66 dan meningkat menjadi 72,33 dengan nilai N-gain 0,43 kategori sedang. Pada skala besar terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata pretest 60,50 dan meningkat menjadi 76,33 pada posttes dengan N-gain 0,43 kategori sedang. Media buku digital cerita bergambar juga mendapat tanggapan positif dari siswa dan guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media buku digital cerita bergambar efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kracak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku digital cerita bergambar, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:12
Last Modified: 20 Mar 2024 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62097

Actions (login required)

View Item View Item