KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SUB TEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO BERDASARKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
MIRJAN MALIHI, 0103519024 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SUB TEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO BERDASARKAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media gambar dan menggunakan pembelajaran media audio berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain factorial. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 67 Buton dan siswa kelas IV SD Negeri 39 Buton dengan jumlah 59 siswa. Hasil penelitian menunjukan 1) pembelajaran sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa efektif dilakukan pada kelas eksperimen 1 dengan gaya belajar visual, 2) pembelajaran sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku menggunakan model problem based learning berbantuan media audio berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa efektif dilakukan pada kelas eksperimen 2 dengan gaya belajar auditoria, 3) pembelajaran sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku kelas IV sekolah dasar menggunakan problem based learning berbantuan media gambar lebih baik dari model problem based learning berbantuan media audio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku, model problem based learning, media gambar, media audio, gaya belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 01:08 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 01:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |