PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR


RI’AH NURHAYATI, 0103518130 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika tentu tidak lepas dari faktor guru, orangtua dan siswa itu sendiri selain faktor-faktor yang lain karena adanya Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua, menganalisis keefektifan model blended learning menggunakan google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mendeskripsikan proses kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua. Penelitian ini menggunakan desain penelitian sequential explanatory. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan dilanjutkan dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 68,74 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,46, sehingga dapat disimpulkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model blended learning menggunakan google classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu presentase peningkatan kelulusan pada kelas eksperimen jauh lebih tinggi yakni sebesar 81% dibandingkan dengan kelas control yang memiliki besar peningkatan kelulusan sebesar 15,8%. Berdasarkan uji oneway anova Secara individual pada baris model dan pendidikan menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 dan 0,013 sehingga kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara individual baik model maupun tingkat pendidikan orang tua masing-masing mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika tingkat pendidikan orang tua baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga baik dan sebaliknya jika tingkat pendidikan orangtua kurang baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga kurang baik. Namun, tingkat pendidikan orangtua bukanlah menjadi satu-satunya yang mempengaruhi kemempuan pemecahan masalah siswa, namun pendidikan dirasa penting untuk memberi motivasi dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Orangtua, Blended Learning.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:41
Last Modified: 19 Mar 2024 05:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62094

Actions (login required)

View Item View Item