KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN CORE BERPENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN QUIZIZZ


LAILI HIKMATUN NUZULA, 0103518117 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN CORE BERPENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN QUIZIZZ. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran CORE dengan pendekatan matematika realistik berbantuan quizizz, mengetahui peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran CORE berpendekatan matematika realistik berbantuan quizizz, mengetahui pengaruh kemandirian siswa terhadap komunikasi matematis, dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian siswa pada pembelajaran CORE berpendekatan matematika realistik berbantuan quizizz . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Desain kombinasi yang digunakan dalam penelitian ini model sequential explanatory. Subjek penelitian adalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CORE dengan pendekatan matematika realistik berbantuan quizizz, yaitu kelas III B, dan siswa yang diajar menggunakan PBL yaitu kelas III A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis sedangkan teknik nontes yaitu wawancara untuk menggali data dari subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; (a) Terdapat peningkatan kemampuan komunikaisi matematis menggunakan pembelajaran CORE berpendekatan matematika realistik berbantuan quizizz. Uji kesamaan memperoleh hasil nilai p (0.986)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian, Pembelajaran CORE, Pendekatan Matematika Realistik, Quizizz
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:04
Last Modified: 19 Mar 2024 05:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62091

Actions (login required)

View Item View Item