EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA ENGKLEK TEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV


INAYATUZ ZAKIATI, 0103518115 (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA ENGKLEK TEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar siswa di sekolah belum menunjukkan hasil yang bervariasi, tidak semua hasil belajar menunjukkan hasil yang baik dan tinggi, serta terdapat hasil belajar yang kurang memuaskan. Faktor penyebab dikarenakan pembelajaran masih berorientasi pada guru. Guru masih dipandang sebagai satu-satunya sumber ilmu yang menyebabkan ketergantungan peserta didik, sehingga mempengaruhi rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efektivitas model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik dalam meningkatkan prestasi belajar, (2) menganalisis efektivitas model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik dalam penanaman nilai karakter percaya diri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Patukangan Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi seluruh kelas IV pada SDN 1 Patukangan berjumlah 74 siswa. Subyek penelitian adalah kelas eksperimen kelas IV A berjumlah 37 dan kelas control kelas IV B berjumlah 37. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh dari pretest-posttest,kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji sampel t-test, uji gain, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik efektif meningkatkan prestasi belajar: (a) nilai ketuntasan klasikal 93,75%, (b) nilai rata-rata 82,50, (c) dan nilai gain 0,45 kriteria sedang. (2) Model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik efektif dalam meningkatkan karakter percaya diri: (a) hasil mean uji t sebesar 81,23, (b) skor angket dengan respon yang baik. (3) Terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan menggunakan model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik dengan nilai rata-rata pretest 61,32 dan posttest 80,78 dengan peningkatan sebesar 19,46. Simpulan model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik efektif meningkatkan prestasi belajar dan karakter percaya diri peserta didik. Saran penelitian ini perlu adanya proses pelatihan atau workshop untuk melatih keterampilan guru dalam mengoptimalkan pembelajaran menggunakan model discovery learning berbasis team games tournament berbantu media engklek tematik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Team Games Tournament, Prestasi Belajar, Percaya Diri
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:00
Last Modified: 19 Mar 2024 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62090

Actions (login required)

View Item View Item