KEEFEKTIFAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA SMART BOARD GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD


ACHMAD MUCHLISIN, 0103518114 (2023) KEEFEKTIFAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA SMART BOARD GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (51MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran model Collaborative Problem Solving merupakan proses pembelajaran dengan memadukan pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran problem solving. Keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar dianggap sebagai bagian dari keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis keefektifan pembelajaran Collaborative Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kemandirian belajar siswa. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus Darma Bhakti. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pringlangu yang berjumlah 31 siswa dan kelas V SDN Medono 01 yang berjumlah 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal uraian, serta teknik non tes menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah divalidasi ahli dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, uji gain score, dan uji-t . Hasil perhitungan indpendent sample t test untuk kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Problem Solving, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, Smart Board Game
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:56
Last Modified: 19 Mar 2024 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62089

Actions (login required)

View Item View Item