PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING


MUHAMAD KHOTIBUL UMAM, 0103518113 (2023) PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep IPA masih dikategorikan belum baik. Beberapa hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran IPA masih dianggap sulit oleh siswa. Selain itu, rendahnya konsep IPA siswa SD disebabkan oleh konsep IPA yang tidak sejalan antara guru dan siswa. Untuk mengembangkan pemahaman konsep IPA siswa dibutuhkan model dan media pembelajaran yang dapat mendorong siswa dalam konsep IPA. Salah satu model dan media yang bisa membantu pemahaman konsep IPA siswa adalah model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengukur tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran model problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V. (2) Menemukan perbedaan rata-rata pada pemahaman konsep IPA siswa kelas V pada pembelajaran model problem based learning. (3) Menemukan perbandingan rata-rata pada pemahaman konsep IPA siswa kelas V pada pembelajaran model problem based learning (4) Mengukur tingkat pemahaman konsep IPA siswa kelas V ditinjau dari self confidence pada model problem based learning. Penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan desain concurrent embedded. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri Cibitung 02 dan SD Negeri Tapos 03, Bogor Jawa Barat. Jenis data penelitian diperoleh dari pretest-posttest, angket, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ketuntasan, uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen sampel t-test, dan uji n gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning efektif pemahaman konsep IPA yang ditandai dengan mencapai uji ketuntasan digunakan untuk mengetahui presentase pemahaman siswa yang sudah memperoleh nilai sama dengan atau diatas KKM yaitu 68 sudah mencapai 75%. (2) perbedaan rata-rata pemahaman konsep IPA pada pembelajaran model problem based learning kelas eksperimen yaitu 80,4 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 70,8 sehingga dapat dikatakan bahwa pencapaian pemahaman konsep IPA siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol; (3) perbandingan rata-rata pada pemahaman konsep IPA pada pembelajaran model problem based learning hasil nilai pre test dan post test kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning kelas eksperimen diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,58, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,37; dan (4) Ditemukan pemahaman konsep IPA yang bervariasi pada kelompok self confidence Rendah, Sedang dan Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, pemahaman konsep IPA, self confidence
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:52
Last Modified: 19 Mar 2024 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62088

Actions (login required)

View Item View Item