PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN LITERASI DIGITAL DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS IV TEMA 5 PAHLAWANKU


Umi Shohifaturifqi, 0103518111 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN LITERASI DIGITAL DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS IV TEMA 5 PAHLAWANKU. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran khususnya pada masa pandemi Covid 19 yang mana tidak dapat belajar secara tatap muka sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran serta keterbatasan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital tema pahlawanku sebagai penguatan literasi digital peserta didik dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model Gall and Borg dalam Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah, 1) pra penelitian; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) ujicoba produk; 7) revisi produk; 8) ujicoba pemakaian; 9) produk akhir; 10) diseminasi. Subjek terdiri dari 47 siswa kelas IV SD Darussalam Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan soal tes hasil belajar. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran komik digital. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media tahap I dan II presentase sebesar 85,8% dan 92,9%, sedangkan dari ahli materi tahap I dan II presentase sebesar 94,2% dan 97,1%. N-Gain kelas uji coba sebesar 0,702 dengan kriteria sedang. Hasil kepraktisan media diperoleh sangat praktis. Hasil respon peserta didik terkait media komik digital sebagai intrumen literasi digital bagi peserta didik dikategorikan cukup untuk menguatkan literasi digital dengan persentase 62%. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada pembelajaran tematik sekolah dasar menggunakan media komik digital tema 5 pahlawanku subtema 1 dengan kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Digital, Literasi Digital, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:48
Last Modified: 19 Mar 2024 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62087

Actions (login required)

View Item View Item