EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA PELAJARAN MATEMATIKA


ANNISSA KURNINAWATI, 0103518102 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA PELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Siswa masih kesulitan dalam menyususn rencana pemecahan masalah sehingga membuat hasil belajar siswa masih rendah, serta kurangnya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber ilmu yang membuat siswa bergantung sama guru sehingga mempengaruhi rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran PBL berpendekatan RME mencapai kriteria ketuntasan minimum; (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model PBL berpendakatan RME lebih baik dari pada model pembelajaran secara PBL; (3) mengetahui proporsi ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model PBL berpendekatan RME lebih baik dari pada model pembelajaran PBL; (4) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari sikap percaya diri pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan RME. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Method tipe embedded experimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Karangsono 1 Kabupaten Demak pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 60 siswa dengan 2 kelas yang dipilih yaitu kelas VA dan VB yang masing�masing berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan lembar tes, lembar observasi, lembar angket dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Dengan menggunakan model PBL berpendekatan RME, kemampuan pemecahan matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Hal ini nampak dari nilai pretest sebesar 43 dan saat post tes 75. (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas control ditemukan hasil bahwa kelas di eksperimen lebih abik dibandingkan kelas control. (3) Proporsi ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditemukan hasil bahwa rata-rata kelas ketika pretest sebesar 50 sedangkan ketika post test sebesar 54,5. Dan dibuktikan dengan uji n-Gain sebesar 0,52 dalam kategori sedang (4) Hasil penilaian kualitatif menunjukkan bahwa Siswa dengan kepercayaan diri tinggi mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PBL Berpendekatan RME, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Percaya Diri (Self Confidence)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:44
Last Modified: 19 Mar 2024 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62086

Actions (login required)

View Item View Item