PENGEMBANGAN MEDIA ULTABA (ULAR TANGGA BACA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR


RIZKY PERMATASARI, 0103518101 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ULTABA (ULAR TANGGA BACA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran membaca tidak hanya penting untuk anak-anak pada umumnya, akan tetapi juga sangat penting bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Slow learner merupakan salah satu dari anak berkebutuhan khusus. Beberapa guru yang ada di sekolahan belum mampu untuk mengidentifikasi dan membimbingsiswa slow learner untuk mencapai tingkat yang optimal. Untuk itu, diperlukan berbagai program pendidikan khusus bagi anak-anak yang dalam kategori slow learner. Dalam mengoptimalkan perkembangan membaca anak berkebutuhan slow learner, media berperan penting dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus slow learner. Berdasarkan sekian banyak media dalam membaca, maka media ULTABA dianggap sangat tepat digunakan dalam penelitian ini untuk bisa melihat sejauh mana pencapaian pembelajaran tersebut. Media ULTABA merupakan akronim dari ular tangga baca. Media ULTABA digunakan untuk melatih membaca siswa slow learner kelas awal di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan akan wacana, menganalisis pengembangan media ULTABA, dan menganalisis keefektifan media ULTABA untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa slow learner kelas awal. Media pembelajaran berupa ULTABA dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa slow learner kelas awal sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis kebutuhan guru yang menyatakan sangat setuju tentang media yang dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran membaca siswa slow learner adalah media ULTABA. Selain itu, berdasarkan dari hasil penilaian beberapa ahli menyatakan bahwa rata-rata skor validasi dari ahlimedia 3,6, ahli psikologi 3,7, dan ahli bahasa 3,75. Rata-rata nilai yang diperoleh secara keseluruhan ialah 3,68. Berdasarkan dari data tersebut karena nilai V ≥ 3,6 maka validasi terhadap aspek kelayakan isi, desain media dan bahasa termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran ULTABA sudah dapat digunakan tanpa perlu ada perbaikan. Berdasarkan nilai N-Gain terhadap pretest dan posttest ialah 0,52 atau 52%. Halini berarti peningkatan kemampuan membaca siswa slow learner berada pada N-gain > 30% yang termasuk dalam kriteria sedang. Nilai N-Gain tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ULTABA dinilaiberhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa slow learner.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Permainan Ular Tangga Baca, Siswa Slow Learner
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:40
Last Modified: 19 Mar 2024 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62085

Actions (login required)

View Item View Item