KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF DENGAN IMPLICIT FEEDBACK


HERLINA ANGGREINI, 0103518098 (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF DENGAN IMPLICIT FEEDBACK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan matematis siswa sekolah dasar akan berakibat kepada rendahnya kemampuan memecahkan masalah di sekolah dasar. Proses memecahkan sebuah permasalahan memerlukan upaya untuk membangun koneksi antara tahapan pemecahan masalah agar menemukan solusi dalam memecahkan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran volume kubus dan balok siswa masih mengalami kesulitan jika mendapat soal yang berbeda, kemudian kesulitan dalam menghafalkan rumus dan jika diterangkan siswa masih asik bermain atau mengobrol dengan temannya serta motivasi siswa masih rendah. Guru juga jarang menggunakan model dan media pembelajaran sehingga sulit memahami materi jika dijelaskan. Maka dari itu untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis dibutuhkan model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga manipulatif dengan implicit feedback. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) menganalisis efektifitas pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga manipulatif dengan implicit feedback dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dan (2) menganalisis kemampuan koneksi matematis dan motivasi siswa dalam pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga manipulatif dengan implicit feedback. Penelitian yang digunakan yaitu mixed methods model sequential explanatory. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Birrul Walidain, Kabupaten Kudus. Data penelitian diperoleh dari pretest-posttest, wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t beda rata-rata, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga manipulatif dengan implicit feedback efektif terhadap kemampuan koneksi matematis yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga manipulatif lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematis pada kelas yang menggunakan pembelajaran ekspositori, dan peningkatan rata-rata kemampuan koneksi matematis pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol (2) ditemukan pola kemampuan koneksi matematis yang beragam pada kelompok motivasi siswa kategori rendah, sedang, dan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Motivasi Siswa, Problem Based Learning, Alat Peraga Manipulatif, Implicit Feedback.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:36
Last Modified: 19 Mar 2024 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62084

Actions (login required)

View Item View Item