PENGARUH PLATFORM ASESMEN PLICKERS BERBASIS HOTS DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD


DIANITA SOLIHATI, 0103518076 (2023) PENGARUH PLATFORM ASESMEN PLICKERS BERBASIS HOTS DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas antara platform asesmen plickers berbasis HOTS dengan pembelajaran konvensional dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SD pada pembelajaran IPS dan menguji pengaruh motivasi belajar menggunakan platform asesmen plickers berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dan menggunakan pola Non equivalent Pretest�Posttest Control Group Design . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di 2 SDN Gugus Kartini di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yaitu sekolah sebagai kelas kontrol SDN 1 Japan dengan jumlah siswa 21 orang menggunakan asesmen konvensional by paper dan SDN 2 Japan sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dengan menggunakan Platform Asesmen Plickers berbasis HOTS. Penggambilan data dilakukan dengan lembar tes kemampuan berpikir kritis dan lembar angket motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Data diolah dengan menggunakan uji independent sampel t-test, uji N-gain, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Platform asesmen plickers berbasis HOTS efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD pada pembelajaran IPS ditunjukan dengan skor rerata motivasi belajar IPS kelas eksperimen 92,1429 dan kelas kontrol 81,8571. Sedangkan skor N-gain sebesar 0,58 untuk kelas esperimen dan 0,48 untuk kelas kontrol (2) Platform asesmen plickers berbasis HOTS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD pada pembelajaran IPS ditunjukan dengan skor rerata kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS kelas eksperimen 86,6667 dan kelas kontrol 81,1905. Sedangkan skor N-gain sebesar 0,56 untuk kelas esperimen dan 0,36 untuk kelas kontrol (3) Motivasi belajar menggunakan platform asesmen plickers berbasis HOTS berpengaruh kuat terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS yaitu 0,768 dan berkontribusi sebesar 85,5% sisanya dipengaruhi faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah platform asesmen plickers berbasis HOTS lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan asesmen konvensional by paper. Motivasi belajar memiliki kontribusi dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Platform Asesmen Plickers,dan HOTS
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:31
Last Modified: 19 Mar 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62083

Actions (login required)

View Item View Item