PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA


EKA RIZKI WIDAYANTI, 0103518069 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan modul yang kurang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kurang menarik membuat siswa menjadi bosan mengikuti pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Modul digital dapat menampilkan materi yang lengkap dan lebih menarik daripada modul tertulis. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan dan keefektifan modul pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Penelitian ini mengadopsi prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Harjosari 02. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Harjosari 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji paired, N-gain, dan uji independent t-test untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul digital berbasis android sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV. Keefektifan modul pembelajaran berbasis android dalam meningkatkan Rata-rata N-Gain pada data kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen sebesar 77 yang berada pada kategori efektif, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai N-Gain lebih rendah yakni sebesar 26,60 yang berada dalam kategori tidak efektif. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen menggunakan modul pembelajaran berbasis android lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan modul pembelajaran berbasis android konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Android, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:23
Last Modified: 19 Mar 2024 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62081

Actions (login required)

View Item View Item