IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALIS DENGAN PENDEKATAN TERINTEGRASI BERBASIS KELAS, BUDAYA SEKOLAH DAN MASYARAKAT PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR


FADILLA AISAH NURIKHSANI, 0103518062 (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALIS DENGAN PENDEKATAN TERINTEGRASI BERBASIS KELAS, BUDAYA SEKOLAH DAN MASYARAKAT PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan program penguatan karakter di sekolah yang dibuat oleh pemerintah dengan dukungan pelibatan publik dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat. Namun, hasil dari pelaksanana pendidikan karakter di sebagaian besar sekolah belum sepenuhnya maksimal. Penelitian ini fokus pada gambaran secara komperhensif dalam implementasi PPK religius dan nasionalis terintegrasi berbasis kelas, budaya sekolah dan masyarakat pada peserta didik di SD N 1 Sokanegara untuk membantu dan memudahkan sekolah lain dalam mengimplementasikan PPK di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan teori. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi PPK religius dan nasionalis dengan pendekatan terintegrasi berbasis kelas dilakukan melalui integrasi ke dalam kurikulum. Pelaksanaan kurikulum dalam pembelajaran dilakukan melalui kegiatan perencanaan berupa pengintegrasian PPK religius dan nasionalis ke dalam RPP, pelaksanaan pembelajaran berupa pelaksanaan RPP yang telah dibuat dengan menjalankan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang terintegrasi PPK religius dan nasionalis. Kemudian dilakukan penilaian secara menyeluruh dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Pelaksanaan pembelajaran didukung dengan mengitegrasikan PPK religius dan nasionalis melalui manajemen kelas dengan mengelola peserta didik selama pembelajaran dan mengelola lingkungan kelas. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan metode sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Integrasi juga dilakukan melalui kegiatan literasi yang dilakukan sebelum pembelajaran, dan melalui kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru melalui kegiatan pencegahan dan kegiatan respon. (2) Implementasi PPK religius dan nasionalis dengan pendekatan terintegrasi berbasis budaya sekolah dilaksanakan melalui peraturan sekolah, berupa tata tertib, janji siswa, kartu karakter siswa. Melalui tradisi sekolah berupa sekolah hijau, penggunaan seragam sekolah, kegiatan 5s, murottal Al Quran, infak, shalat berjamaah, kegiatan hari jumat, penggunaan bahasa Indonesia, piket harian. Melalui kegiatan kokurikuler seperti tausiah, lomba kegamaan, upacara

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter, Kelas, Budaya Sekolah, Masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:15
Last Modified: 19 Mar 2024 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62079

Actions (login required)

View Item View Item