PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL BERPENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK GUNA MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V
HENING WINDRIA, 0103518046 (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL BERPENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK GUNA MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan literasi matematika siswa dalam materi statistika sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sayangnya kemampuan ini belum didukung oleh pembelajaran yang ada di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa yaitu dengan menggunakan pembelajaran digital dengan menggandengkannya dengan pendekatan Pendidikan matematika realistik. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kelayakan perangkat pembelajaran yang disusun (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran), selain itu juga akan dilihat kemampuan literasi matematika siswa kelas dalam materi statistika setelah pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Informan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 03 Jebed untuk tes pilot pada tahap implementasi, dan siswa kelas V SDN 02 Banjardawa untuk tahap implepentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan perangkat pembelajaran. Untuk mengetahui kevalidan dilakukan dengan menggunakan kuesioner berupa lembar validitas ahli. Untuk mengetahui kepraktisan dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner respon siswa dan observasi pembelajaran. untuk mengetahui keefektifan menggunakan uji rata-rata, uji ketuntasan klasikal, uji t dua sampel, uji beda proporsi, uji t berpasangan, uji normalized changed, selain itu juga dilakukan analisis data secara deskriptif. Terkait dengan kemampuan literasi matematika siswa maka akan dilakukan pengujian dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji normalzed change. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid, (2) perangkat pembelajaran yang disusun juga praktis, (3) perangkat pembelajaran efektif, (4) perangkat pembelajaran membuat peningkatan kemampuan literasi matematika sebelum dan setelah pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah perangkat pembelajaran digital berpendekatan pendidikan matematika realistik guna meningkatkan literasi matematika dinyatakan valis, praktis, efektif, dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Digital, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Literasi Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:57 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62075 |
Actions (login required)
View Item |