PENERAPAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS IV


RATNA WIJAYANTI, 0103518043 (2023) PENERAPAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS IV. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat selama proses pembelajaran, dapat menyebabkan rendahnya profil pelajar pancasila dalam berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis dan kreatif pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi (Quasi experiment design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Manyaran 01. Sampel penelitian ini adalah kelas IV.B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi, dan tes rubrik. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, uji deskriptif, uji independent t-test, dan analisis respon untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis siswa kelas eksperimen sebesar 30,86%, selain itu hasil pembelajaran dengan indikator merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri mengalami peningkatan sebesar 57,64%, serta ketuntasan siswa yang mengalami peningkatan sebesar 60,71% setelah pembelajaran. 2) Terdapat peningkatan pada dimensi bernalar kritis siswa kelas kontrol sebesar 16,14%, selain itu terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan indikator menganalisis dan mengevaluasi penalaran sebesar 23,76%, serta ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 28,57% setelah pembelajaran. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis dan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata bernalar kritis siswa kelas ekperimen sebesar 82,26 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol hanya sebesar 76,31, pada dimensi berpikir kreatif rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 85,98% yang terkategori sangat baik dan juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 77,05% yang terkategori baik. Respon siswa juga menunjukkan 85% siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pembelajaran PjBL. Model pembelajaran PjBL dapat dijadikan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada pelajaran IPAS kelas IV SD. Selain itu, guru juga dapat mengembangkan dan mengkombinasikan media ajar dengan model pembelajaran PjBL untuk dapat meningkatkan bernalar kritis dan kreatif siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Bernalar Kritis dan Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:50
Last Modified: 19 Mar 2024 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62073

Actions (login required)

View Item View Item