KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BERBANTUAN QUIZIZ DALAM PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


SHOFIYUL ANNISA, 0103518039 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BERBANTUAN QUIZIZ DALAM PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa dengan model PBL bernuansa etnomatematika dengan Quiziz maupun model ekspositori terhadap kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Wulung dan SDN 4 Wulung Kecamatam Randublatung Kabupaten Blora yang berjumlah 55 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini meliputi tes berpikir kritis, angket kemandirian belajar siswa dan lembar pedoman wawancara. Nilai rata-rata kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penafsiran kemampuan berpikir kritis memiliki pengaruh kontribusi yang tinggi terhadap kemandirian belajar siswa. Pada kelas eksperimen karakter kemandirian siswa sebelum diberikan perlakuan dalam kategori baik setelah mendapat perlakuan meningkat menjadi dalam kategori sangat baik. Ini membuktikan bahwa penerapan Quiziz dalam PBL bernuansa etnomatematika mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Adanya pembelajaran interaktif lainnya dapat diintegrasikan dengan platform yang lebih lengkap atau penambahan feedback untuk menyempurnakan penerapan quizizz

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika; PBL; Quizziz
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:46
Last Modified: 19 Mar 2024 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62072

Actions (login required)

View Item View Item