ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MINAT BACA


Nur Luthfia Tirokhatul Latifa, 0103518035 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MINAT BACA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah dengan minat baca, dan apakah ada pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah dengan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi terhadap beberapa sekolah yang ada di Gugus Ki Hajar Dewantara. Populasi diambil dari siswa kelas V dengan sampel sebanyak 84 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari dari hasil wawancara kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian analisis korelasi sederhana menunjukkan hasil bahwa signifikan 0,023 < 0,05 terdapat pengaruh secara signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian analisis korelasi sederhana menunjukkan bahwa signifikan 0,023 < 0,05 terdapat pengaruh secara signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca. Aspek kemampuan berpikir kreatif ini memiliki kategori tinggi yaitu pada aspek Fluency dan Flexibility dengan persentase sebesar (75,0%)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gerakan literasi sekolah, Kemampuan berpikir kreatif, Minat baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:38
Last Modified: 19 Mar 2024 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62070

Actions (login required)

View Item View Item