KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA


NANA NILASARI PUTRI, 0103518034 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menyelesaikan soal cerita merupakan bagian dari tujuan pembelajaran matematika. Pencapaian keberhasilan pembelajaran matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pendidik, siswa dan lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita, (2) Menganalisis peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Dalam prosesnya penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 56 siswa kelas IV dari SDN Jomblang 02 Kecamatan Candisari Kota Semarang yang diambil menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode tes, dan observasi,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika antara kelas yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu soal (eksperimen) dengan kelas yang memperoleh pembelajaran menggunakan model ekspositori berbantu gambar (kelas kontrol) dilihat dari nilai signifikansi T-test yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00. (2) Terdapat peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu soal dilihat dari skor N-Gain sebesar 0,61 dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,001 < 0,05 (kategori sedang). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap kemampuan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal cerita.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kartu soal, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:35
Last Modified: 19 Mar 2024 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62069

Actions (login required)

View Item View Item