PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA SD KELAS 4 DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA


Lutfi Izurrohman, 0103518031 (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA SD KELAS 4 DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran tatap muka (PTM) 100% setelah adanya pandemi covid-19 belum maksimal. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dimana tidak hanya berpengaruh terhadap hasil belajar saja, tetapi dapat juga berpengaruh terhadap literasi sains dan motivasi belajar siswa. Maka untuk mewujudkan penguasaan konsep siswa terhadap materi yang telah diberikan serta mampu menekan learning loss setelah adanya pandemi covid�19 yaitu model pembelajaran flipped classroom yang berpusat kepada peserta didik guna meningkatkan motivasi belajar, literasi sains dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk menguji motivasi belajar dan tes untuk menguji keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Dalam uji validitas peneliti menggunakan rumus product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronhbach. Analisis data dalam penelitin ini menggunakan analisis independent sample t-test dan regresi linier sederhana. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran flipped classroom dinyatakan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa berdasarkan kenaikan skor pada kelas eksperimen 47,52 sedangkan pada kelas kontrol 44,00. 2) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains pada siswa berdasarkan kenaikan skor pada kelas eksperimen 83,76 sedangkan pada kelas kontrol 79,72. 3) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa, berdasarkan hasil belajar pada kelas eksperimen rata-rata 84,28 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata 79,08. Hasil penelitian untuk variabel motivasi belajar dinyatakan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan melihat hasil uji coefficient dengan nilai sig : 0,17 < 0,05 sehingga ho ditolak dan ha diterima. Selanjutnya hasil penelitian untuk variabel keterampilan literasi sains dinyatakan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan melihat hasil uji coefficient dengan nilai sig : 0,01 < 0,05, sehingga ho ditolak dan ha diterima. simpulan penelitian adalah model pembelajaran flipped classroom efektif dan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, keterampilan literasi sains dan hasil belajar IPAS pada siswa SD kelas 4

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Flipped Classroom, Literasi Sains, Motivasi.
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:31
Last Modified: 19 Mar 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62068

Actions (login required)

View Item View Item