IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SISWA SD NEGERI 2 KALIERANG


Andika Wahyu Satria, 0103518025 (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SISWA SD NEGERI 2 KALIERANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang kultural siswa SD Negeri 2 Kalierang, mendeskripsikan dan menganalsis implementasi nilai-nilai sosial pada pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Kalierang dan mendeskripsikan dan menganalisis perilaku sosia siswa SD Negeri 2 Kalierang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Pendekatan interpretatif digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang kultural siswa, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi nilai-nilai sosial pada pembelajaran IPS dan mendeskripsikan dan menganalisis perilaku siswa di SD Negeri 2 Kalierang.Dalam penelitian ini, sumber data baik kata-kata, tindakan maupun dokumen..Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu (1) wawancara mendalam, (2) obeservasi, (3) studi dokumenter.Dalam penelitian ini digunakan tiga macam triangulasi yaitu: triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi teori. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan dari penelitian maka didapat hasil : Pembiasaan dalam menumbuhkan perilaku kepedulian sosial siswa pada SD Negeri 2 Kalierang yaitu melalui 2 kebiasaan yang rutin dijalankan Melalui pendidikan dalam kelas sewaktu pembelajaran berlangsung secara sengaja guru menanamkan perilaku jujur, sopan, dan menghargai yang tidak diketahui oleh siswa tersebut, Melaui kegiatan sekolah yang dapat menumbuhkan perilaku peduli siswa yang telah dijalankan sekolah yakni seperti kegiatan amal jariah yang rutin tiap minggu di lakukannya dan kegiatan lainya yakni zakat fitrah. Bentuk dari penanaman nilai-nilai kepedulian sosial terhadap siswa pada SD Negeri 2 Kalierang melaui 3 tahap: Tranformasi nilai atau bisa disebut sebagai penanaman atau pembentukan nilai pendidikan sosial yakni secara verbal yaitu dengan guru member arahan berupa motivasi, nasehat, teguran terhadap siswa, Tahap transaksi nilai yaitu melalui penyampaian langsung dari guru terhadap siswanya yang menimbulkan timasle balik seperti rasa ingin tau, kreatif, gemar memasca, dan lain sebagainya guru atau perilaku dilingkungan sekolah tersebut dan perilaku yang baik tersebut dapat diserap dengan baik oleh siswa. Hasil dari Implementasi sosial dapat membuat siswa memiliki nilai atau karakter dapat diaplikasikan baik dalam lingkungan sekolah ,keluarga ,dan masyarakat yakni: Akhakul kharimah yakni suatu perilaku yang tidak hanya dilakukan oleh siswa dilingkungan sekolah, dan keluarga saja melainkan harus dapat berperilaku baik dilingkungan masyarakat, Kebersamaan yang membuat siswa untuk saling menjaga satu sama lain baik itu berbeda dalam gender maupun ras antar warga sekolah maupun masyarakat luas, Dengan keharmonisan siswa bisa lebih saling menghargai sesame teman sebaya maupun kepada orang yang lebih tua dengan begitu akan tercipta kerukunan antar warga sekolah maupun masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Kultural, Nilai Sosial, Perilaku Sosial
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:26
Last Modified: 19 Mar 2024 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62067

Actions (login required)

View Item View Item