ANALISIS SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 3 PUYOH KUDUS
Alifia Edria Adikasari, 0103518018 (2023) ANALISIS SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 3 PUYOH KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah harus menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan ramah terhadap anak agar tidak ada kekerasan antar siswa maupun guru dan siswa. Tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan SRA di SDN 3 Puyoh Kudus, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran di SDN 3 Puyoh yang melaksanakan SRA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menggunakan deskripstif kualitatif. Fokus penelitian terhadap pelaksanaan SRA dan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas 5 di SDN 3 Puyoh, Kudus. Sumber data yang digunakan yaitu wawancara kepala sekolah, guru, siswa, wali murid, komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan SRA di SDN 3 Puyoh dimulai dari pembuatan kebijakan SRA yang melibatkan seluruh komponen sekolah dan masyarakat, pengintegrasian dalam kegiatan pembelajaran, penunjukan tugas dan pelatihan yang diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan, pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana sekolah, partisipasi aktif para siswa, dan partisipasi aktif oleh orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan lainnya dan alumni dalam menerapkan SRA, (2) Proses pembelajaran siswa di SDN 3 Puyoh yang menerapkan SRA berjalan dengan baik pada kegiatan pra pembelajaran di SRA melalui kegiatan berdoa, menyanyikan lagu nasional, pemberian nasihat tentang toleransi antar siswa; pada kegiatan inti menggunakan pendekatan atau strategi, metode, model, dan media pembelajaran yang diaplikasikan pada kelompok belajar siswa dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru ke siswa; hasil belajar siswa menunjukkan di atas KKM; pada kegiatan penutup disisipkan dalam kegiatan refleksi, apresiasi, dan soal yang diberikan kepada siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Ramah Anak, Proses Pembelajaran, SDN 3 Puyoh |
Subjects: | L Education > Educational Institutions L Education > Educational Institutions > school management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62065 |
Actions (login required)
View Item |