KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM
MIMBARWATI, 0103518017 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran dalam impementasi melahirkan manusia pembelajar seiring perubahan era harus didukung dengan kemampuan abad 21, salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian mixed method merupakan campuran dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel kuantitatif yang digunakan adalah cluster random sampling. Sedangkan teknik pengambilan sampel kualitatif menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Ki Hajar Dewantara Pati. Waktu pelaksanaan penelitian direncanakan akan dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan berpikir kreatif (TKBK), angket kepercayaan diri dan lembar pedoman wawancara kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini memperoleh ketuntasan belajar dengan pendekatan kuantitatif diperoleh t hitung yaitu 4,115. Karena 4,115 > 2,026 artinya rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematika siswa mencapai batas tuntas aktual. Pada pengujian ketuntasan klasikal juga menunjukan hasil , artinya sebanyak lebih dari 75% dari keseluruhan siswa telah melebihi KKM pada tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Adapun pada pengujian perbedaan rata-rata menunjukan hasil thitung > ttabel atau 4.450 > 1,99 artinya rata�rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa menggunakan pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan Google Clasroom di kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif matematika siswa siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori. Nilai koefisien determinasi R-Square = 0.160 (16%) artinya kemampuan berpikir kreatif matematika mempengaruhi kepercayaan diri sebesar 16%. Nilai koefisien hasil tes berpikir kreatif sebesar 0.156 yang menunjukkan peningkatan sebesar 15,6% dan koefisien bernilai positif artinya antara kepercayaan diri siswa dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa memiliki hubungan yang positif dan saling memengaruhi terhadap peningkatan yang selaras berimbang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif; Google Classroom Kepercaan Diri. |
Subjects: | L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:14 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62064 |
Actions (login required)
View Item |