ANALISIS POLA PENDIDIKAN KARAKTER TENTANG NILAI SOSIAL DISDIT AS-SALAM SAMARINDA


Erin Diah Ekawati, 0103518010 (2023) ANALISIS POLA PENDIDIKAN KARAKTER TENTANG NILAI SOSIAL DISDIT AS-SALAM SAMARINDA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pembelajaran dapat menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Dimana dalam proses pembelajaran terdapat peran guru sebagai pelaksana dan karakter baik sebagai nilai yang tertanam pada diri siswa. Maka perlu dikaji lebih dalam bentuk sistem pembelajaran dan peran guru di sekolah yaitu pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) As-Salam Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran yang digunakan oleh SDIT As-Salam Samarinda, mendeskripsikan peran guru dalam proses pembelajaran terkait dengan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa SDIT As-Salam Samarinda, mendeskrisikan implementasi nilai-nilai karakter siswa SDIT As-Salam Samarinda dalam kehidupan di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa SDIT As-Salam Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi struktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sistem pembelajaran yang diterapkan oleh SDIT As-Salam Samarinda telah diintegrasikan melalui komponen-komponen program pengembangan kegiatan yang dirancang dan disesuaikan dengan tujuan sekolah. Didalam komponen tersebut terdapat peran guru sebagai pelaksana pengembangan program kegiatan pada saat proses pembelajaran berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas. (2) Peran guru SDIT As-Salam Samarinda dalam proses pembelajaran terkait dengan penanaman nilai-nilai karakter bertumpu pada karakteristik, bakat dan minat siswa sesuai dengan jenjang kelasnya. Hal ini juga menjadi perbedaan dalam mengajar antara guru kelas. (3) Melalui kegiatan pembelajaran dan di luar pembelajaran, tercermin nilai-nilai karakter yang baik antar siswa di sekolah. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya sebuah kerja sama antara kepala sekolah, guru dan orang tua untuk saling mendukung dan meningkatkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa SDIT As-Salam Samarinda, agar proses penanaman nilai-nilai pendidikan karkater dapat dilakukan secara maksimal. Sehingga tercermin nilai-nilai pendidikan karakter pada diri siswa dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem pembelajaran, Teori belajar, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:09
Last Modified: 19 Mar 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62063

Actions (login required)

View Item View Item