PELAKSANAAN RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BERBASIS STANDAR PELAYANAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN


ACHMAD QHUZAIRY QARASYI, 0102521027 (2023) PELAKSANAAN RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BERBASIS STANDAR PELAYANAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rencana Kerja Sekolah (RKS) disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan sekolah. Rencana kerja sekolah sebagai dasar bagi sekolah dalam melaksanakan program- program sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mekanisme audit mutu internal dalam pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah (RKS) berdasarkan standar pelayanan mutu Internal pada sekolah dasar di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat mekanisme audit mutu internal dalam pelaksanaan rencana kerja sekolah (RKS) berdasarkan standar pelayanan mutu internal pada sekolah dasar di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Metode pengumpulan data di lakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan standar SPMI melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, perbaikan (PPEPP) di SD Kabupaten Takalar secara keseluruhan kategori kurang baik dan belum sesuai standar. Faktor pendukung: (1) sekolah memiliki RKS dan RKAS, sekolah; (2) Sekolah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan mutu sekolah; (3) Guru telah disertifikasi. Faktor menghambat: (1) Guru tidak memahami penyusunan rencana kerja sekolah berbasis SPMI dan belum mendapatkan pelatihan penyusunan rencana kerja sekolah (RKS) berdasarkan Standar Pelayanan Mutu Internal (SPMI); (2) tim SPMI sekolah tidak memahami prosedur yang harus dilakukan dalam tahap SPMI; (3) Dinas Pendidikan Kabupaten kurang mensosialisasikan penyusunan rencana kerja sekolah berbasis SPMI; (4) rencana kerja sekolah masih berpatokan pada pedoman pada penggunaan dana BOS; (5) Kurangnya bimbingan pengawas dan Dinas Kabupaten Kota dalam penyusunan RKT, dan RKJM kesekolah sehingga masih terdapat kesalahan dalam pembuatan rencana kerja sekolah yang disusun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Rencana Kerja Sekolah, Standar Pelayanan mutu internal
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:00
Last Modified: 19 Mar 2024 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62061

Actions (login required)

View Item View Item