EFEKTIVITAS E-ASSESSMENT BERBASIS MOBILE DAN SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU SD KELAS ATAS KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON


Feri Harfiana, 0102520018 (2023) EFEKTIVITAS E-ASSESSMENT BERBASIS MOBILE DAN SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU SD KELAS ATAS KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian diawali dengan keresahan sebagai seorang pendidik dalam menyongsong peralihan masa. Periode revolusi industri 4.0 menyandingkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber, mengarahkan para pendidik untuk mengubah paradigma hidup dengan mengembangkan cara kerja baru berbasis IoF (Internet of Things) dalam menjalankan tugasnya di sekolah. Masalah atau kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum berbasis penelitian adalah rendahnya kompetensi, etos kerja, motivasi kerja, kurangnya keterampilan teknologi, kepemimpinan kepala sekolah, dan teknik pengawasan yang tidak berjalan. Maksud riset adalah mengakaji apakah (1) dampak E�Assessment Berbasis Mobile secara parsial kepada pencapaian guru; (2) dampak Supervisi Pendidikan secara parsial kepada pencapaian guru; (3) dampak E�Assessment Berbasis Mobile dan Supervisi Pendidikan secara simultan kepada pencapaian guru. Riset ini menggunakan desain kuantitatif dengan One-Group Posttest-Only Design. Populasi penelitian adalah 94 orang guru SD kelas atas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling rumus yamane didapati sampel sebanyak 76 orang guru. Instrumen diujicoba kesahihahan dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Uji hipotesis memakai analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil riset menunjukkan bahwa: (1) E-Assessment Berbasis Mobile secara parsial memiliki dampak berarti kepada pencapaian guru dengan sig. 0,000 < 0,05; (2) Supervisi Pendidikan secara parsial memiliki dampak berarti kepada pencapaian guru dengan sig. 0,000 < 0,05; (3) E-Assessment Berbasis Mobile dan Supervisi Pendidikan secara serentak memiliki dampak kepada pencapaian guru dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung 101,237 > Ftabel l 3,120. Nilai Adjusted R Square adalah 0,760 atau 76%. Berlandaskan hasil riset dapat dinyatakan bahwa E-Assessment Berbasis Mobile dan Supervisi Pendidikan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan atau E-Assessment Berbasis Mobile dan Supervisi Pendidikan dapat meningkatkan kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Assessment Berbasis Mobile, Supervisi Pendidikan, Kinerja Guru
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > portfolio assessment
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:44
Last Modified: 19 Mar 2024 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62057

Actions (login required)

View Item View Item