IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 DI SMA DANIEL CREATIVE SEMARANG


Rina Candrawati, 01025180131 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 DI SMA DANIEL CREATIVE SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak SMA Daniel Creative Semarang serta penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak SMA Daniel Creative Semarang. Dalam pengumpulan data, penelitian ini mengumpulkan data dengan observasi, refleksi kepala sekolah, wawancara kepada narasumber guru dan siswa, juga studi dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang berfokus pada mendeskripsikan suatu peristiwa dan kejadian yang telah terjadi pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak Angkatan 2 di SMA Daniel Creative Semarang yang pada angkatan ini sudah diberikan panduan-panduan dalam mengimplementasikannya secara lengkap yang lebih terstruktur dibandingkan Angkatan 1. Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Daniel Creative Semarang melakukan fungsi manajemen planning, organizing, actuating, dan controlling (Terry,1958 dalam Sukarna, Sukarna, 2011: 10). Yang pertama, perencanaan, terdiri dari menyusun KOSP, yang terkandung proses pengorganisasian, dilanjutkan perancangan ATP, yang termasuk dalam perencanaan pembelajaran dan asesemen. Dalam penggunaan dan pengembangan perangkat ajar didapatkan bahwa sebagian guru masih kesulitan dalam memahami untuk mengembangkan kelengkapan persiapan pembelajaran sehingga membutuhkan supervisi dari kepala sekolah ataupun komite pembelajaran. Pada perencanaan P5 didapatkan bahwa pada tahap perencanaan awal untuk proyek 1 masih mengalami kesulitan dikarenakan guru belum memahami P5 dengan baik, namun pada pelaksanaan proyek ke 2 dilakukan dengan baik. Pembelajaran berpusat kepada murid dan keterpaduan penilaian dalam pembelajaran didapatkan pada penelitian ini dalam tahap menuju mahir. Kolaborasi antar guru dalam keperluan kurikulum dan pembelajaran serta kolaborasi dengan orang tua/keluarga dalam pembelajaran sudah baik. Namun pada tahap refleksi, evaluasi dan peningkatan kualitas implementasi kurikulum ditemukan bahwa belum dilakukan karena pada saat penelitian masih di dalam pelaksanaan. Hasil penelitian didapati penghambat dalam IKM di SMA Daniel Creative Semarang yakni pada persiapan awal dikarenakan pelatihan dan pembekalan yang cepat menjadikan kurangnya pemahaman dan pengalaman guru dalam pembelajaran berdeferensiasi. Kendala program kerja sekolah juga pendanaan menjadikan pelaksanaan P5 mengalami penyesuaian dari panduan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengevaluasi hasil rapor pendidikan sebelum dan sesudah implementasi Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Penggerak, SMA
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:31
Last Modified: 19 Mar 2024 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62054

Actions (login required)

View Item View Item