KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA HUMANIS DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DITK ABA NOTOYUDAN YOGYAKARTA


Arin Ike Kristanti, 0102518030 (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA HUMANIS DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DITK ABA NOTOYUDAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan pembinaan kompetensi guru di TK ABA Notoyudan Yogyakarta, penelitian ini meripakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengamatan di lapangan. Adaun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah yang mengabdi pada sekolah TK ABA Notoyudan Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa bahwa Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin di TK ABA Notoyudan ini , kepala sekolah memberikan bimbingan, bantuan , pengawasan dan penilaian terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekolah. Baik yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan dan pengembangan Pendidikan pengajaran berupa perbaikan program dan kegiatan. Pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar. Dampak kepemimpinan kepala sekolah bahwa dari awal belum begitu peduli terhadap perubahan sosial, perubahan teknologi dan sarana prasarana dengan menerapkan budaya humanis dapat dirasakan perubahan baru sangat kooperatif, cekatan dan peduli serta mengayomi dan berusaha menciptakan suasana dan kondisi sekolah menjadi lebih atraktif, inovatif dan humanis. Dengan kondisi yang kondusif dan nyaman membuat rekan – rekan betah mengabdi di TK ABA Notoyudan ini. secara internal maupun secara eksternal guru dan pemimpin mampu bertahan dalam kondisi persaingan, dalam menerapkan tentu di awal banyak sekali yang harus dibenahi dan perbaiki seperti tenaga, pikiran dan biaya pastinya. Tetapi yang lebih utama adalah persamaan dari visi misi kita untuk memperbaiki semuanya. Lebih utama konsep di awal kita garis bawahi dan merupakan menjadi fokus utama. Maka secara internal bahwa kepemimpinan kepala sekolah berbasis humanis memiliki kecerdasan emosional, yang mana dengan kecerdasan emosi tersebut dapat menciptakan pribadi yang humanis, sehingga dapat menjalin hubungan dengan orang lain dengan cukup lancar, karena secara emosional dapat menyenangkan dan membuat orang lain merasa tentram

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan , Berbasis Budaya Humanis, Pembinaan Guru
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:26
Last Modified: 19 Mar 2024 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62053

Actions (login required)

View Item View Item